About

Selasa, 19 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Kue Timpan Khas Aceh

Budaya Indonesia
Makanan satu ini adalahmakanan tradisional Aceh yang tidak jarang dijadikan menu utama ketika hari raya. Namanya ialah Kue Timpan.



Apakah Kue Timpan itu?

Kue Timpan ialah salah satu kue tradisional yang berasal dari wilayah Aceh. Kue satu ini tergolong jenis kue basah yang tercipta dari bahan dasar ketan dan pisang raja. Di dalamnya seringkali terdapat sekian banyak  varian isi laksana parutan kelapa atau srikaya. Kue Timpan ini adalahsalah satu makanan tradisional yang lumayan terkenal di Aceh, dan tidak jarang disajikan sebagai menu utama ketika hari raya.

Keunikan Dan Keistimewaan Kue Timpan

Salah satu keanehan dari Kue Timpan ini ialah bahannya yang tercipta dari gabungan ketan dan pisang. Perpaduan dua bahan ini pasti akan menghasilkan perpaduan rasa yang menarik dan paling khas. Selain tersebut didukung dengan isi kue yang tercipta dari bahan parutan kelapa atau srikaya tentunya menciptakan makanan satu ini semakin terasa istimewa.

Proses Pengolahan Kue Timpan

Seperti yang diterangkan sebelumnya, Kue Timpan adalahkue basah yang tercipta dari bahan dasar ketan dan pisang. Pisang yang dipakai biasanya ialah pisang raja, sebab mempunyai tekstur yang halus dan wewangian yang lumayan kuat. Sedangkan guna isi Kue Timpan dapat terbuat dari parutan kelapa, pisang, ataupun srikaya. Di samping itu, guna daun pisang yang digunakan seringkali adalahdaun pisang yang masih muda. Karena di samping lebih lentur, daun pisang muda juga dapat menambah wewangian pada kue ketika dikukus.

Dalam proses pembuatannya, kesatu mesti menciptakan adonan ketan dan pisang terlebih dahulu. Bagi membuatnya, santan, pisang, serta tepung ketan dimasak. Lalu tambahkan gula serta garam tidak banyak demi tidak banyak dan aduk perlahan sampai matang. Kemudian dinginkan sejumlah saat. Setelah dingin, adonan itu lalu dipulung atau digulung menjadi satu. Kemudian setelah penciptaan adonan selesai, dilanjutkan dengan menciptakan isi Kue Timpan. Bagi isi parutan kelapa dan srikaya, seringkali dilakukan dengan teknik yang sedikit bertolak belakang dan cocok dengan bahan masing masing.

Setelah adonan dan isi timpan telah siap, lantas dilanjutkan dengan menciptakan Kue Timpan. Bagi membuatnya, daun pisang dibentangkan di atas telenan dan taruh satu sendok adonan ketan di atasnya. Setelah itu, beri isi timpan secukupnya, dan gulung adonan hingga isi timpan tertutup adonan. Kemudian balut adonan itu dengan daun pisang dan kukus sampai matang.

Proses pengolahan di atas melulu sedikit cerminan tentang teknik pengolahan Kue Timpan. Sehingga bagi kamu yang hendak membuatnya sendiri, kamu bisa menggali resep yang lebih mendetail dan lebih cocok dengan kemauan anda.

Cita Rasa Kue Timpan

Kue Timpan ini mempunyai cita rasa yang paling khas, perpaduan rasa manis dan gurih pada adonan ketan tentu menyerahkan sensasi tersendiri ketika kita menyantapnya. Didukung dengan isi timpan yang tercipta dari parutan kelapa atau srikaya tentu menciptakan rasa Kue Timpan ini semakin nikmat. Selain tersebut teksturnya yang halus dan wewangian pisang semakin menciptakan rasa Kue Timpan ini semakin komplit.

Kuliner Kue Timpan

Kue Timpan ini adalahsalah satu makanan tradisional yang lumayan terkenal di wilayah Aceh. Pada dasarnya kue ini melulu khusus disajikan ketika hari raya saja oleh masyarakat Aceh. Namun bagi kamu yang berwisata ke sana dan hendak menikmatinya, kamu bisa dapat langsung mencarinya di toko oleh-oleh yang terdapat di sana.

Sekian pengenalan mengenai “Kue Timpan Makanan Tradisional Dari Aceh”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kuliner tradisional di Indonesia.



0 komentar:

Posting Komentar