About

Kamis, 21 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Sajojo Papua

Budaya Indonesia

Tarian satu ini adalahsalah satu tarian tradisional dari wilayah Papua yang lumayan terkenal. Namanya ialah Tari Sajojo.


Apakah Tari Sajojo itu?

Tari Sajojo ialah salah satu tarian tradisional yang berasal dari wilayah Papua. Tarian ini pun termasuk jenis tarian pergaulan yang dapat ditarikan oleh siapa saja, baik lelaki maupun wanita, tua maupun muda. Tari Sajojo adalahsalah satu tarian tradisional yang lumayan terkenal di Papua dan sering diperlihatkan di sekian banyak  acara, baik adat, hiburan, maupun acara budaya.

Sejarah Tari Sajojo

Asal usul Tari Sajojo ini masih belum dapat diketahui secara pasti. Namun sejumlah sumber tidak sedikit yang melafalkan bahwa tarian ini telah ada semenjak tahun 1990-an. Karena gerakannya yang paling khas dan sarat keceriaan, Tari Sajojo lantas mulai dipopuler dan berkembang pesat di kalangan masyarakat Papua sampai sekarang.

Nama Tari Sajojo sendiri dipungut dari judul lagu yang mengiringinya, yakni lagu “Sajojo”. Lagu sajojo sendiri adalahlagu wilayah dari Papua yang mengisahkan tentang seorang gadis yang diidolakan dan disukai di kampungnya. Walaupun gerakan Tari Sajojo tidak terlalu mencerminkan lirik lagu tersebut, tetapi iramanya yang sarat keceriaan dalam lagu itu sangat sesuai dengan gerakan Tari Sajojo.

Fungsi Dan Makna Tari Sajojo

Tari Sajojo difungsikan sebagai tarian pergaulan atau tarian hiburan yang dapat dimainkan oleh siapa saja yang hendak menampilkannya. Tarian sajojo ini dimaknai sebagai tarian yang mencerminkan keceriaan dan motivasi kebersamaan. Hal tersebut dapat dilihat dari ekspresi semua penari ketika menari dan gerakannya yang seirama dan sarat kekompakan.

Pertunjukan Tari Sajojo

Tari Sajojo ini seringkali ditampilkan oleh semua penari lelaki dan penari wanita. Bagi jumlah penari dalam peragaan Tari Sajojo ini, seringkali disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, sampai-sampai tidak terdapat batasan dalam urusan tersebut. Dalam pertunjukannya, semua penari seringkali tampil memakai busana tradisional khas Papua serta diiringi oleh iringan music dan lagu sajojo. Gerakan dalam Tari Sajojo ini paling khas dan enerjik sehingga mencerminkan keceriaan semua penari. Gerakan tersebut seringkali didominasi oleh gerakan kaki dan tangan yang dimainkan cocok dengan ritme dan irama lagu.

Kostum Tari Sajojo

Untuk kostum penari Tari Sajojo ini nyaris sama dengan kostum tarian tradisional Papua lainnya. Kostum tersebut seringkali adalahbusana tradisional yang tercipta dari akar atau daun. Namun seiring dengan perkembangan, ada pun yang dikreasikan dengan kain supaya terlihat lebih menarik. Selain tersebut penari pun dilengkapi dengan sekian banyak  aksesoris laksana penutup kepala, kalung dan lukisan tubuh bercorak etnis khas Papua.

Perkembangan Tari Sajojo

Dalam perkembangannya, Tari Sajojo masih terus dilestarikan dan dikembangkan sampai sekarang. Berbagai kreasi dan variasi pun sering ditambahkan di masing-masing pertunjukannya, baik dalam segi gerak maupun kostum semua penari, supaya terlihat lebih unik namun tidak meninggalkan karakteristik dan keasliannya.

Tari Sajojo pun masih sering diperlihatkan di sekian banyak  acara, baik acara adat, penyambutan, maupun acara hiburan lainnya. Di samping itu, tarian ini pun sering diperlihatkan di sekian banyak  acara kebiasaan seperti peragaan seni, pesta rakyat budaya, dan promosi pariwisata. Hal ini tentu dilaksanakan sebagai usah melestarikan serta memperkenalkan untuk generasi muda dan masyarakat luas bakal Tari Sajojo ini.

Sekian pengenalan mengenai “Tari Sajojo Tarian Tradisional Dari Papua”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisonal di Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar