About

Jumat, 15 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Payung

Budaya Indonesia

Di samping Tari piring, tanah Minangkabau masih memiliki sekian banyak  kesenian yang indah, salah satunya ialah Tari payung.


Apakah tari payung itu? Yuk anda cari tahu di sini !

Tari payung ialah suatu kesenian tari minangkabau yang memakai payung sebagai attribute tariannya.Tari payung ini di mainkan oleh sejumlah penari yang saling berpasangan antara laki - laki dan perempuan. Gerakan dalam tari payung mencerminkan tentang kasih sayang sepasang kekasih.

Dalam peragaan tari payung seringkali di mainkan oleh 3 – 4 pasang penari laki - laki dan perempuan. Payung yang di jadikan attribute tarian ini di bawakan oleh penari laki – laki. Sedangkan attribute yang di pakai oleh penari perempuan ialah selendang khas minangkabau. Kostum dalam peragaan tari payung pun ialah busana khas minangkabau yang memiliki makna tersendiri dalam masing-masing coraknya.

Dalam peragaan tari payung diiringi musik pengiring yang bervariasi. Di mulai dengan ritme pelan, tetapi secara dinamis mulai berpacu cepat seiring dengan gerakan semua penari. Tentunya iringan musik itu disesuaikan dengan gerakan semua penarinya. Alat musik yang di pakai dalam peragaan tari payung biasanya ialah alat musik tradisional laksana gong, rebana, akordion, gendang, dan gamelan khas padang. Nada yang di mainkan dalam musik pengiring ini paling kental bakal nuansa Melayu. Di samping di iringi dengan musik pengiring, Tari payung pun di iringi dengan buaian lagu melayu yang bercerita mengenai suami istri yang sedang berbulan madu di sebuah tempat. Judul lagu pengiring tersebut ialah “Babendi-bendi ke Sungai Tanang”.

Salah satu keanehan dalam tarian ini ialah filosofi yang terdapat didalamnya. Makna yang ada dalam tarian ini ialah perlindungan dan kasih sayang seorang kekasih dalam membangun kehidupan lokasi tinggal tangga. Payung yang di bawakan penari laki – laki adalahsimbol dari format perlindungan seorang pria sebagai pilar utama dalam membangun keluarga. Sedangkan selendang yang di pakai penari wanita ialah symbol dari format ikatan cinta suci yang kuat, sarat akan kesetiaan seorang perempuan untuk menemani suaminya dalam membangun keluarga. Setiap gerakan dalam tarian itu tentunya pun mempunyai makna tersendiri.


Tari payung tadinya adalahsalah satu pelengkap ritual adat masyarakat minangkabau. Namun seiring pertumbuhan jaman, tarian ini pun sering di pertunjukkan pada acara – acara lain laksana pesta rakyat, pesta rakyat budaya, penyambutan tamu dan beda - lain. Selain dipindahkan fungsinya, tarian ini sudah tidak sedikit di modifikasi dari format klasiknya. Dalam peragaan tari payung yang sekarang sejumlah gerakan dan kostum yang di pakai dalam peragaan sudah di modifikasi dengan sejumlah sentuhan dari semua seniman yang terdapat di sana supaya lebih menarik. Tetapi walaupun terdapat sejumlah perubahan, tari payung masih tetep menjadi kesenian warisan nenek moyang dan arti yang ada di dalamnya masih tetap ada.

Nah, lumayan sekian pengenalan mengenai “kesenian tradisional – Tari payung”. Semoga berfungsi dan meningkatkan wawasan mengenai kesenian tradisional di Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar