About

Rabu, 20 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Alat musik tradisioanal dari wilayah Maluku dan Papua

Budaya Indonesia


Berikut ini adalahsalah satu perangkat musik tradisioanal dari wilayah Maluku dan Papua. Namanya ialah alat musik Tifa.


Apakah perangkat musik Tifa itu?

Tifa ialah salah satu perangkat musik yang berasal dari Indonesia unsur timur, khususnya wilayah Papua dan Maluku. Alat musik Tifa ini adalah sejenis perangkat musik pukul yang tercipta dari kayu dan berbentuk tabung. Bentuk dan kegunaannya sekilas nyaris sama dengan perangkat musik Gendang, tetapi suara perangkat musik Tifa ini tersiar lebih ringan. Tifa adalahsalah satu perangkat musik yang familiar di kalangan masyarakat Papua dan Maluku. Alat musik ini seringkali sering dipakai untuk mengiringi upacara adat, peragaan musik, atau tarian tradisional.

Asal Usul Alat musik Tifa

Sejarah mengenai adanya perangkat musik Tifa ini masih belum diketahui secara pasti. Namun diduga bahwa perangkat musik Tifa ini telah ada di Papua dan Maluku semenjak jaman dahulu kala. Hal ini tampak dari sekian banyak  ritual dan tarian tradisional masyakat di sana yang telah ada semenjak dahulu, dan memakai Tifa sebagai pengiringnya. Di samping itu, sebab letak pulau Papua dan Maluku yang berdampingan inilah yang memungkinkan terjadinya persamaan diantara kebiasaan mereka, salah satunya ialah alat musik Tifa ini.

Bentuk Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa pada dasarnya adalahalat musik yang tercipta dari kayu berbentuk tabung dan unsur tengahnya dilubangi. Kemudian di antara sisinya diblokir dengan kulit fauna yang telah dikeringkan. Selain tersebut pada unsur kayu Tifa seringkali diukir dengan format ukiran khas wilayah masing-masing. Bentuk perangkat musik Tifa ini sekilas nyaris sama dengan Gendang, tetapi ukuran dan suaranya tidak banyak berbeda.

Jenis Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa di wilayah Papua dan di wilayah Maluku pada dasarnya paling berbeda, khususnya pada segi bentuk. Alat musik Tifa di wilayah Papua seringkali pada unsur tengah lebih melengkung dan mempunyai pegangan pada unsur tengah. Sedangkan Tifa di wilayah Maluku berbentuk tabung biasa dan tidak mempunyai pegangan. Alat musik Tifa juga dipecah menjadi sejumlah jenis, diantara Tifa jekir, Tifa potong, Tifa dasar, dan Tifa bas. Jenis Tifa tersebut seringkali yang membedakan ialah warna suaranya, sehingga ketika dimainkan bareng harus dicocokkan dengan suara dan kegunaannya masing-masing.

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Untuk memainkan perangkat musik Tifa seringkali disesuaikan dengan jenis Tifa yang dimainkan. Ada yang memakai alat pukul, dan ada pun yang melulu dimainkan memakai tangan. Sama halnya dengan perangkat musik Gendang, Tifa pun adalahjenis perangkat musik yang memiliki satu suara. Sehingga ketika dimainkan bareng alat musik lain, Tifa menjadi suara utama dan pengatur irama. Namun bilamana dimainkan dengan jenis Tifa lainnya, maka mesti disesuaikan. Karena masing-masing jenis Tifa seringkali mempunyai suara yang berbeda, sampai-sampai harus dipadukan supaya menajadi sebuah irama yang baik dan enak guna didengarkan.

Fungsi Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa di wilayah Papua dan di wilayah Maluku memiliki faedah yang sama. Tifa seringkali digunakan oleh masyarakat guna mengiringi upacara adat, pengiring tarian tradisional, atau pengiring lagu. Bagi mengiringi acara tersebut seringkali jenis Tifa yang dipakai disesuaikan dengan kebutuhan, terutama ketika mengiringi tarian tradisional. Karena dalam tarian tradisional jenis musik sangat memprovokasi gerak dan penampilan tarinya.

Perkembangan Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa masih terus dilestarikan dan dijaga hingga sekarang. Alat musik satu ini masih sering dipakai untuk mengiringi sekian banyak  acara laksana upacara adat, tarian tradisional, peragaan musik dan lain-lain. Dalam perkembangannya, sekian banyak  kreasi dan variasi dalam memainkan musik Tifa pun sering dilaksanakan di masing-masing pertunjukannya. Hal ini pasti dilakukan supaya terlihat menarik, tetapi harus menyesuaikan dengan gerakan tari atau lagu yang diiringinya. Di samping itu, perangkat musik Tifa sekarang tidak melulu dikenal oleh masyarakat di Maluku dan Papua saja, Tifa kini pun mulai dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia, bahkan sampai di luar negeri.



Sekian pengenalan mengenai “Tifa Alat Musik Tradisional Dari Maluku Dan Papua”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar