About

Minggu, 17 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Brekecek Makanan tradisional khas dari Cilacap, Jawa tengah.

Budaya Indonesia


Makanan satu ini adalahmakanan tradisional yang khas dari Cilacap, Jawa tengah. Namanya ialah Brekecek.



Apakah Brekecek itu?

Brekecek ialah masakan tradisional berbahan dasar kepala ikan yang khas dari Cilacap, Jawa tengah. Makanan ini paling unik dan mempunyai cita rasa yang khas, sampai-sampai di gemari oleh masyarakat Cilacap dan semua wisatawan yang datang kesana. Brekecek ini pun adalahsalah satu icon kuliner dari Cilacap yang paling terkenal.

Di samping rasanya yang khas, nama makanan satu ini pun sangat menarik sehingga menciptakan orang yang tidak tahu menjadi penasaran dan hendak mencicipinya. Nama Brekecek sendiri dipungut dari kata “Brek” yang dengan kata lain “dijatuhkan/ diletakan” dan “kecek” yang berarti “dikecek/ dicampur”. Dalam proses pembuatannya, kepala ikan yang di gunakan ialah ikan jahan. Ikan tersebut lantas di potong – potong kemudian dimasak dan di kecek/di campur dengan bumbu khusus sampai-sampai bumbunya meresap.

Brekecek ini mempunyai 2 jenis, yakni Brekecek ikan dan Brekecek basur/ itik serati. Walaupun berbahan dasar yang berbeda, tetapi bumbu yang di pakai tetap sama. Bumbu tersebut pun disesuaikan dengan bahan dasarnya sampai-sampai mempunyai cita rasa yang pas dengan bahan dasarnya.
Di Cilacap sendiri makanan ini paling terkenal. Dari 2 jenis Brekecek tadi yang paling disukai dan di jual ialah Brekecek ikan, sebab bahan dan rasanya yang unik. Di samping itu, sebab Cilacap sebagai wilayah pesisir pantai dan adalahpenghasil ikan sampai-sampai bahan yang dipakai mudah dicari. Meskipun begitu, tetapi Brekecek basur ini tidak kalah nikmatnya, karena diubah dengan teknik yang khusus sampai-sampai mempunyai cita rasa yang khas.

Brekecek ini mempunyai cita rasa yang khas, rasa gurih, manis dan pedas pada kuah yang meresap kedalam daging menyerahkan kelezatan tersendiri pada masakan ini. Di samping itu wewangian rempah yang paling terasa pada kuahnya, meningkatkan kenikmata pada Brekecek ini. Brekecek paling nikmat disajikan selagi hangat bareng dengan nasi. Karena memakai kepala ikan sebagai bahan dasarnya, tidak sedikit orang yang suka menyeruput kepala ikan ini. Dari situlah sensasi dalam merasakan makanan ini.

Gambar : Brekecek
Brekecek ini gampang kita temukan di wilayah Cilacap, Jawa tengah. Disana tidak sedikit warung santap yang menyajikan makanan tradisional satu ini. Selain tersebut dalam perkembangannya, Brekecek ini juga tidak sedikit disajikan di hotel atau restoran di wilayah Cilacap sebagai pengenalan dan pelestarian makanan tradisional ini. Nah, bagi kamu yang berangjangsana ke Cilacap, Jawa tengah. tidak cukup lengkap rasanya bila belum merasakan makanan tradisional satu ini.

Cukup sekian pengenalan mengenai “Brekecek Makanan Tradisional dari Cilacap, Jawa tengah”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kuliner tradisional di indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar