About

Jumat, 15 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Angsa

Budaya Indonesia
Tari Angsa
Tari Angsa adalahsalah satu tari yang melambangkan kemuliaan seorang Dewi yang ditemani dengan sekelompok penari angsa. Tari angsa menjadi di antara tarian kehormatan hati Jawa Tengah. Sering dipertunjukan guna acara – acara tertentu. Di zaman sekarang, tarian ini tidak jarang ditarikan oleh siswa-siswa SD ketika adanya acara perpisahan di sekolah. Namun ternyata Tari Angsa tidak melulu ada di Indonesia, ada sejumlah negara yang memiliki Tarian Tradisional laksana ini, melulu saja kisah latar belakang yang berbeda.

Tari angsa seringkali ditarikan secara berpasangan, tetapi ada pun yang sendiri sampai berlima. Alat musik pengiringnya laksana gendang, gitar, dan degung. Namun seiring dengan zaman, perangkat musik yang dipakai pun tidak setradisional zaman dahulu.

Pada wilayah ini sendiri nyaris sama dengan wilayah yang terdapat pada Jawa sendiri, dimana terkadang sejumlah gerakan yang terdapat adalahgerakan yang sarat dengan tanda tanya dan masih menyimpan misteri pada sejumlah gerakan yang dilaksanakan oleh penari.



Makna Tari Angsa
Tari angsa ini pun mengadung arti yang bertolak belakang antara satu gerakan dengan gerakan yang lainnya, sampai-sampai pada jenis – jenis tarian tertentu terdapat yang paling terkenal pada kalangannya sendiri, ada pun yang tidak cukup terkenal karena sejumlah gerakan yang belum pernah tampak atau terkesan kaku sama sekali.

Tarian ini sendiri adalahtarian yang sering dipakai dalam sejumlah acara yang seringkali diadakan pada wilayah ini sendiri, urusan ini dapat saja pada acara pernikahan, acara adat istiadat ataupun acara keagamaan serta pun acara ritual yang seringkali dilakukan oleh sejumlah orang di Jawa.


0 komentar:

Posting Komentar