About

Selasa, 19 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Maena

Budaya Indonesia

Tarian tradisional satu ini adalahtarian suka cita masyarakat suku Nias di Sumatera Utara. Namanya ialah Tari Maena.



Apakah Tari Maena itu?

Tari Maena ialah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Tarian ini tergolong jenis tarian rakyat yang dilaksanakan secara bersama-sama atau masal. Tari Maena ini seringkali sering diperlihatkan di sekian banyak  acara, laksana penyambutan tamu terhormat, pernikahan, dan acara seremonial adat Nias lainnya.

Sejarah Tari Maena

Berdasarkan keterangan dari sejarahnya, Tari Maena ini adalahsalah satu tarian tradisional masyarakat suku Nias yang telah ada semenjak dahulu kala, dan telah diwariskan secara turu-temurun sampai sekarang. Sejak dulu tarian ini sering dilaksanakan sebagai unsur dari seremonial adat masyarakat suku Nias. Kebiasaan itu kemudiaan terus berlanjut dan masih sering dilaksanakan hingga sekarang.

Fungsi Dan Makna Tari Maena

Seperti yang diterangkan sebelumnya, Tari Maena difungsikan sebagai tarian hiburan atau unsur dari prosesi seremonial sebuah acara. Untuk masyarakat suku Nias sendiri, tarian ini pasti mempunyai makna eksklusif didalamnya, salah satunya ialah makna persatuan dan kebersamaan. Hal ini pun terlihat dari bagaimana mereka menari dan melakukannya secara bersama-sama dengan sarat suka cita. Semakin tidak sedikit yang mengikuti, keadaan acara menjadi semakin hangat dan meriah.

Pertunjukan Tari Maena

Dalam Tari Maena dapat diikuti oleh semua penari lelaki maupun wanita. Bagi jumlah penari dalam acara seremonial adat seringkali tidak ditentukan, sehingga dapat diikuti oleh siapa saja. Dalam pertunjukannya, seringkali diawali dengan pantun yang dibawakan oleh Sanutuo Maena (tetua adat/sesepuh suku). Bagi pantun yang dibawakan seringkali disesuaikan dengan tema acara. Kemudian dilanjutkan dengan syair maena (fanehe maena) yang dilantunkan seluruh penari seraya menari.

Gerakan dalam Tari Maena ini sebenarnya lumayan sederhana, sampai-sampai tidak memerlukan pelajaran khusus guna melakukannya. Gerakan tersebut mencakup gerakan tangan dan kaki yang digerakan seirama maju mundur, maupun ke kiri dan ke kanan. Sedangkan untuk susunan para penari dapat berbentuk melingkar atau berbaris. Formasi itu tentunya dicocokkan dengan kondisi dan kondisi.

Pengiring Tari Maena

Dalam peragaan Tari Maena pada dasarnya melulu diiringi oleh lagu atau syair yang dilantun oleh semua penari. Kemudian semua penari menari dengan gerakan yang dicocokkan dengan tempo atau irama lagu tersebut. Namun terdapat juga sejumlah yang diiringi perangkat musik tradisional Nias, khususnya pada acara yang mempunyai sifat pertunjukan, supaya terlihat semakin meriah dan menarik.

Kostum Tari Maena

Kostum yang dipakai para penari dalam peragaan Tari Maena seringkali adalahbusana adat Nias. Namun pemakaian kostum ini pun disesuaikan dengan acara, sampai-sampai ada pun yang memakai busana bebas untuk mengekor tarian ini. Di samping itu, sebab Tari Maena adalahtarian suka cita, sehingga semua penonton yang tidak memakai busana adat pun diizinkan untuk mengikutinya.

Perkembangan Tari Maena

Dalam perkembangannya, Tari Maena masih terus dilestarikan dan dikembangkan sampai sekarang. Tarian ini masih sering diperlihatkan di sekian banyak  acara laksana penyambutan tamu terhormat, pernikahan dan seremonial adat lainnya. Selain tersebut Tari Maena pun sering diperlihatkan di sekian banyak  acara kebiasaan seperti peragaan seni, pesta rakyat budaya, bahkan promosi pariwisata.

Sekian pengenalan mengenai “Tari Maena Tarian Tradisional Dari Sumatera Utara”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar