About

Kamis, 21 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Selamat Datang Tarian Tradisional Dari Papua

Budaya Indonesia

Tarian tradisional satu ini adalahtarian penyambutan yang khas dari wilayah Papua. Namanya ialah Tari Selamat Datang.


Apakah Tari Selamat Datang itu?

Tari Selamat Datang ialah tarian tradisional sejenis tarian penyambutan yang berasal dari wilayah Papua. Tarian ini seringkali dibawakan oleh semua penari lelaki dan wanita guna menyambut tamu kebesaran atau tamu urgen yang berangjangsana ke sana. Tari Selamat Datang adalahsalah satu tarian tradisional yang lumayan terkenal di wilayah Papua. Di samping gerakannya yang khas dan enerjik, tarian ini pasti kaya akan arti dan nilai-nilai di dalamnya.

Sejarah Tari Selamat Datang

Berdasarkan keterangan dari sejarahnya, Tari Selamat Datang telah ada semenjak zaman dahulu. Di Papua sendiri pada dasarnya memiliki tidak sedikit suku dan masing-masing suku seringkali memiliki karakteristik tersendiri dalam tarian selamat datang mereka. Tari Selamat Datang semenjak dulu sering dilaksanakan oleh masyarakat di sana guna menyambut kedatangan semua tamu, baik dari luar kota, luar suku, maupun tamu urgen lainnya yang dirasakan terhormat atau berniat baik dalam kedatangan mereka. Tari Selamat Datang pun adalahsimbol penghormatan dan tanda bahwa tamu tersebut tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat di sana.

Tari Selamat Datang sudah menjadi sebuah tradisi dikalangan masyarakat Papua, sampai-sampai masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat di sana. Karena kerinduan mereka pada kebiasaan Papua, semua seniman disana lantas mengambangkan tarian ini. Dengan membawa unsur kebiasaan Papua yang pelbagai dan karakteristik masyarakat Papua dalamnya, maka jadilah Tari Selamat Datang yang sering diperlihatkan saat ini. Walaupun begitu sejumlah suku di Papua masih tetap menjaga tarian selamat datang yang menjadi karakteristik mereka dulu.

Fungsi Dan Makna Tari Selamat Datang

Seperti yang diterangkan sebelumnya, Tari Selamat Datang adalahsalah satu tarian tradisional yang difungsikan guna menyambut kedatangan semua tamu terhormat. Untuk masyarakat disana tarian ini dimaknai sebagai ungkapan rasa hormat dan tanda bahwa tamu itu diterima dengan baik oleh masyarakat di sana. Selain tersebut tarian ini pun dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat dalam menyambut semua tamu. Hal tersebut paling terlihat dari gerakan dan ekspresi semua penari yang menari dengan sarat keceriaan serta kebahagiaan.

Pertunjukan Tari Selamat Datang

Tari Selamat Datang ini seringkali dibawakan oleh semua penari lelaki dan penari wanita. Bagi jumlah semua penari seringkali sesuaikan dengan keperluan dan jumlah kelompok. Dalam pertunjukannya semua penari memakai kostum busana tradisional khas Papua, serta dilengkapi dengan atribut menari laksana senjata dan perangkat musik tradisional tifa.

Dengan diiringi oleh lagu dan musik pengiring, semua penari menari dengan gerakannya yang khas. Gerakan dalam Tari Selamat Datang ini paling enerjik, sehingga mencerminkan keceriaan dari semua penarinya. Dalam pertunjukannya, Tari Selamat Datang dipecah menjadi sejumlah babak tarian dan masing-masing babak tersebut memiliki gerakan yang berbeda-beda.

Salah satu keanehan dalam Tari Selamat Datang ini ialah ketika semua penari perempuan menjemput semua tamu, lantas memasangkan penutup kepala serta kalung sebagai tanda penghormatan mereka. Tamu itu kemudian disuruh menari bareng para penari sampai selesai. Hal ini mencerminkan bahwa semua tamu telah diterima dengan baik oleh masyarakat dan telah menjadi unsur dari mereka.

Pengiring Tari Selamat Datang

Dalam peragaan Tari Selamat Datang seringkali diiringi oleh buaian musik dan lagu. Alat musik pengiring itu terdiri dari gitar, ukulele, tifa dan stem bass yang seringkali dibuat sendiri oleh masyarakat Papua. Bagi lagu dan irama yang dimainkan seringkali adalahlagu yang bertajuk keceriaan. Di samping itu, seringkali lagu tersebut pun harus dicocokkan dengan gerakan semua penari.

Kostum Tari Selamat Datang

Untuk kostum yang dipakai dalam peragaan Tari Selamat Datang, seringkali adalahpakaian tradisional yang tercipta dari daun atau akar. Namun pada ketika ini tidak sedikit juga yang menggantinya dengan pakaian kain sebagai pengembangan supaya terlihat menarik. Walaupun begitu, aksesoris yang dipakai masih tetap sama, laksana halnya penutup kepala, kalung, dan gelang, serta lukisan etnik yang mengecat tubuh mereka. Sehingga nuansa khas Papua masih tetap melekat.

Perkembangan Tari Selamat Datang

Dalam perkembangannya, Tari Selamat Datang masih terus dilestarikan dan dikembangkan sampai sekarang. Berbagai kreasi dan variasi pun sering ditambahkan dalam pertunjukannya, baik dalam segi kostum, gerakan, maupun pengiring tarian supaya terlihat lebih menarik. Di samping itu, Tari Selamat Datang pun tidak hanya diperlihatkan dalam upacara penyambutan saja, namun pun sering diperlihatkan di sekian banyak  acara kebiasaan seperti peragaan seni, pesta rakyat budaya, dan promosi pariwisata. Hal ini dilaksanakan sebagai unsur dari usaha pelestarian dan memperkenalkan untuk generasi muda serta masyarakat luas akan kebiasaan yang mereka miliki.

Sekian pengenalan mengenai “Tari Selamat Datang Tarian Tradisional Dari Papua”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar