About

Minggu, 17 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Bika ambon Khas Medan

Budaya Indonesia

Kue manis dan kenyal satu ini adalahsalah satu makanan khas Kota Medan, Sumatera Utara. Namanya ialah Bika Ambon.


Seperti apakah Bika Ambon ini? Dan apa saja yang unik dari makanan khas satu ini? Yuk simak pembahasan kami inilah ini.

Bika Ambon ialah salah satu makanan khas jenis kue basah yang berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara. Kue satu ini memiliki karakteristik dengan warnanya yang kuning dan mempunyai rongga-rongga di unsur dalamnya. Selain tersebut kue Bika Ambon pun mempunyai citarasa dan wewangian yang khas sehingga menciptakan kita ketagihan guna menyantapnya. Di Kota Medan sendiri, kue Bika Ambon ini sudah paling terkenal dan menjadi di antara icon kuliner kehormatan hati masyarakat di sana. Sehingga tidak jarang kali menjadi buruan semua pecinta kuliner maupun semua wisatawan saat berangjangsana ke sana.

Asal Usul Bika Ambon

Saat kesatu kali mendengar nama kue Bika Ambon ini, pasti kita bakal mengira bahwa kue satu ini berasal dari wilayah Maluku di Indonesia timur. Namun pada prakteknya kue Bika Ambon ini memang paling populer di Kota Medan, Sumatera Utara.

Dari sejumlah sumber yang kami temukan, ada sejumlah versi kisah yang menyatakan tentang asal usul nama Bika Ambon ini. Salah satunya dari keterangan M. Muhar Omtatok, salah seorang budayawan dan sejarawan yang menyatakan bahwa kue Bika Ambon ini tadinya terilhami dari kue khas bangsa Melayu yakni bika atau yang disebut pun dengan bingka. Kue tersebut lantas dimodifikasi dengan menambahkan bahan developer berupa Nira atau Tuak Enau. Sehingga unsur dalamnya menjadi berongga dan mempunyai rasa yang bertolak belakang dengan kue bika khas Melayu tersebut.

Kemudian, kue ini mulai dinamakan dengan kue Bika Ambon sebab kesatu kali dipasarkan di wilayah simpang Jl. Ambon - Sei Kera, Medan. Karena banyaknya peminat, kue ini lantas mulai populer dan tidak jarang disebut dengan kue Bika Ambon, cocok dengan nama jalan tersebut. Asal usul dan nama dari Bika Ambon ini sampai kini masih menjadi kontroversi. Namun walaupun begitu, kue Bika Ambon tetap menjadi di antara hidangan istimewa dari masyarakat Medan.

Pembuatan Bika Ambon

Bahan yang dipakai untuk menciptakan Bika Ambon ini diantaranya ialah tepung, telur, nira, gula, dan santan. Sedangkan guna bahan penyedap dapat menggunakan daun pandan, daun jeruk, atau vanilli. Dalam proses pembuatannya, kesatu, rebus santan bareng dengan daun jeruk dan daun pandan. Setelah santan itu didinginkan, lantas masukan satu per satu bahan laksana telur, tepung, gula, dan nira. Bahan itu diaduk sampai merata, lantas didiamkan selama sejumlah jam hingga mengendap. Setelah tersebut kemudian adonan itu dimasukan ke dalam oven dengan api sedang, dan tunggu sampai kue itu matang.

Cita Rasa Bika Ambon

Bika Ambon ini mempunyai cita rasa yang paling khas. Rasanya yang legit berpadu dengan teksturnya yang kenyal tentu memunculkan sensasi tersendiri ketika kita menyantapnya. Selain tersebut aromanya yang kuat pun sangat menggugah selera.

Tempat Kuliner Bika Ambon

Kue Bika Ambon adalahmakanan khas yang paling terkenal di Kota Medan, Sumatera Utara. Selain guna dikonsumsi sendiri, makanan satu ini juga tidak sedikit diperjual-belikan, bahkan menjadi di antara makanan oleh-oleh khas Kota Medan. Salah satu area yang tidak sedikit terdapat penjaja Bika Ambon ini ialah di area Jalan Majapahit.

Menurut sejumlah sumber yang kami dapatkan, disana tidak sedikit ada toko-toko yang memasarkan makanan khas satu ini. Rasa yang ditawarkan pun pun bervariasi, mulai dari rasa pandan, coklat, keju, dan lain-lain. Walaupun tanpa memakai bahan pengawet, kue Bika Ambon ini pun mampu bertahan hingga 3-4 hari. Sehingga sangat sesuai juga guna dijadikan oleh-oleh ketika kita berangjangsana ke sana.

Nah, sekian keterangan tentang “Bika Ambon Makanan Khas Medan, Sumatera Utara“. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang makanan tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar