About

Selasa, 05 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Seni Tari Pendet Bali

Budaya Indonesia
Kesenian satu ini adalahtarian selamat datang atau tarian penyambutan yang khas dari pulau Bali. Namanya ialah Tari Pendet.


Apakah Tari Pendet itu?

Tari Pendet ialah salah satu tarian selamat datang atau tarian penyambutan yang khas dari Bali. Tarian ini adalahsalah satu tarian tradisional dari Bali yang paling terkenal dan tidak jarang ditampilkan sekian banyak  acara laksana penyambutan tamu besar dan acara kebiasaan lainnya. Tari Pendet ini seringkali dimainkan oleh semua penari perempuan dengan membawa mangkuk yang berisi sekian banyak  macam bunga yang menjadi ciri khasnya.

Asal Mula Tari Pendet

Tari Pendet tadinya adalahsuatu tarian tradisional yang menjadi unsur dari upacara piodalan di Pura atau lokasi suci keluarga. Sebagai ungkapan rasa syukur dan penghormatan dari masyarakat Bali dalam menyambut kehadiran semua dewata yang turun dari khayangan. Tarian ini telah menjadi unsur yang tidak terpisahkan dalam kehidupan spiritual masyarakat di sana.

Berawal dari situ, di antara seniman Bali mempunyai nama I Wayan Rindi terinspirasi dan mengolah tarian itu menjadi tarian selamat datang. Dengan ditolong Ni Ketut Reneng, dua-duanya menciptakan Tari Pendet sebagai tarian penyambutan dengan empat orang penari. Kemudian tarian ini dikembangkan dan disempurnakan lagi oleh I Wayang Baratha dengan menambahkan jumlah penari menjadi lima orang, laksana yang sering diperlihatkan sekarang. Walaupun telah menjadi tarian penyambutan atau tarian selamat datang, Tari Pendet ini masih ada unsur-unsur religius yang menjadi karakteristik masyarakat Bali.

Fungsi Tari Pendet

Tari Pendet ini dipecah menjadi dua jenis menurut fungsinya, yakni Tari Pendet Sakral dan Tari Pendet Penyembutan. Bagi Tari Pendet sakral diperlihatkan sebagai unsur dari ritual keagamaan masyarakat Bali. Dalam peragaan tarian ini segala sesuatunya lebih sederhana, tetapi unsur religius paling kental pada tarian ini. Sedangkan Tari Pendet penyambutan diperlihatkan sebagai hiburan atau tarian penyambutan. Dalam peragaan tari penyambutan ini lebih memusatkan keindahan baik dari sisi gerak, busana, dan keelokan para penari. Namun walaupun begitu, unsur kebiasaan masyarakat Bali masih melekat pada tari penyambutan ini.

Pertunjukan Tari Pendet

Dalam pertunjukannya, Tari Pendet dimainkan oleh semua penari perempuan yang setiap membawa mangkok/bokor mengandung bermacam-macam bunga sebagai properti menarinya. Pada akhir pertunjukan, penari menaburkan bunga-bunga yang mereka bawa ke arah pemirsa dan semua tamu sebagai perkataan selamat datang. Penari itu menari dengan gerakan yang dinamis cocok dengan irama musik pengiringnya. Musik pengiring dalam peragaan Tari Pendet ini adalahmusik Gamelan khas Bali laksana gangsa, kenyur, tungguh, kendang dan lain-lain.

Gerakan Tari Pendet

Gerakan Tari Pendet ini adalahgerakan tari yang paling komplit, sebab gerakan tari tersebut nyaris menggerakan seluruh bagian tubuh. Mulai dari gerakan kaki, tangan, jari, badan, leher dan gerakan ekpresif laksana gerakan mata dan mimik muka. Bagi menarikan Tari Pendet ini tentunya memerlukan keluwesan dan kelincahan.

Kostum Tari Pendet

Dalam pertunjukannya penari memakai busana dan tata rias khas penari Bali. busana tersebut mencakup tapih, kemben prade, sabuk stagen, sabuk prade, selendang yang dililitkan di badan dan di taruh dipundak penari. Pada unsur kepala, rambut di ikat dengan pusung gonjer lantas di hias dengan bunga jepun, bunga kamboja, bunga mawar dan jempaka. Selain tersebut penari pun dipercantik dengan sekian banyak  aksesoris laksana gelang, kalung dan anting. Sedangkan guna tata rias penari seringkali lebih mempertajam garis-garis muka agar terlihat lebih jelas dan tidak lupa menggunakan subeng.

Perkembangan Tari Pendet

Walaupun Bali adalahsalah satu tujuan wisata yang tidak sedikit ditinggali wisatawan mancanegara, tetapi masyarakat Bali paling terkenal bakal tradisi dan budayanya yang masih dijaga hingga ketika ini. Terbukti dengan banyaknya kesenian tradisional maupun tradisi adat yang terus dilestarikan dan dijaga, bahkan urusan itu menjadi salah satu pesona wisata di sana. Salah satunya ialah Tari Pendet ini. Tarian ini masih terus dilestarikan oleh semua seniman dari sanggar-sanggar tari yang terdapat di Bali dan masih terus diperlihatkan di sekian banyak  acara kebiasaan seperti penyambutan, pesta rakyat budaya, dan promosi pariwisata.



0 komentar:

Posting Komentar