About

Selasa, 19 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Makanan Khas Sumatera Utara Ikan Arsik

Budaya Indonesia
Ikan Arsik ialah salah satu makanan tradisional yang berasal dari wilayah Sumatera Utara. Makanan satu ini tercipta dari bahan dasar ikan mas yang dimasak dengan bumbu khusus sampai-sampai menghasilkan cita rasa yang khas dan bertolak belakang dengan masakan berbahan ikan lainnya.


Ikan Arsik adalahsalah satu makanan tradisional yang lumayan terkenal di Sumatera Utara, terutama di wilayah Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Asal Usul Ikan Arsik

Ikan Arsik adalahsalah satu santap tradisional yang berasal dari masyarakat Batak Toba di wilayah Toba Samosir dan Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Konon makanan ini telah ada semenjak dahulu kala dan diwariskan oleh nenek moyang mereka secara turun-temurun. Dalam tradisi masyarakat Batak, makanan ini tidak melulu sekedar makanan biasa, namun pun mempunyai nilai-nilai dan filosofi tersendiri di dalamnya.

Ikan Arsik seringkali disajikan guna upacara adat tertentu. Dalam penyajian secara adat, terdapat tata teknik khusus guna menyajikan makanan satu ini, sampai-sampai tidak boleh dilaksanakan sembarangan supaya tidak menghilangkan nilai kesakralan di dalamnya. Walaupun begitu, bukan berarti makanan satu ini jangan dikonsumsi guna sehari-hari. Ikan Arsik ini juga dapat kita nikmati kapan saja tanpa mesti menantikan upacara adat dilaksanakan. Namun pasti saja essensi di dalamnya pasti akan berbeda.

Keistimewaan dan Keunikan Ikan Arsik

Salah satu keanehan dari masakan Ikan Arsik ini ialah dari bahan dasar yang digunakannya yakni ikan mas. Ikan mas yang digunakan, seringkali tanpa dilemparkan sisiknya, tetapi hanya dimurnikan bagian perutnya saja. Selain tersebut dalam masakan Ikan Arsik ini seringkali juga terdapat sejumlah bumbu yang melulu ada di wilayah pegunungan Sumatera Utara saja, yakni Andaliman dan Asam Cikala. Hal berikut yang tentu menciptakan cita rasa Ikan Arsik ini semakin terasa khas dan istimewa.

Pengolahan Ikan Arsik

Bahan dasar yang biasa dipakai dalam masakan Ikan Arsik pada umumnya ialah ikan mas. Namun terdapat juga sejumlah jenis ikan yang dapat dijadikan alternative dalam menciptakan Ikan Arsik ini, diantaranya laksana ikan tongkol, ikan kembung, dan ikan kakap. Bagi mempersiapkannya, ikan tersebut dimurnikan dulu sebelum dimasak. Cara membersihkannya pun lumayan unik, tidak laksana masakan ikan lainnya. Ikan Arsik seringkali hanya dibelah dan dimurnikan bagian perutnya saja, sementara pada unsur sisiknya tidak butuh dihilangkan.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan seringkali menggunakan jeruk nipis dan asam cikala. Penggunaan asam cikala ini selain guna menghilangkan bau amis, juga dapat menciptakan wewangian sedap pada ikan sampai-sampai dapat meningkatkan cita rasa dari masakan Ikan Arsik.

Sedangkan guna bumbu yang dipakai untuk memasak diantaranya ialah cabai, bawang merah, bawang putih, bunga kecombrang, dan ragam bahan rempah laksana kemiri, lengkuas, kunyit dan lain-lain. Tidak lupa pun menggunakan andaliman, yakni sejenis bumbu rempah laksana merica yang tidak sedikit ada di sejumlah daerah di Sumatera Utara. Andaliman ini selain menyerahkan rasa pedas, pun menciptakan cita rasa yang khas pada makanan satu ini.

Pada proses pengolahannya, sesudah ikan sudah dimurnikan kemudian ikan itu dilumuri dengan bumbu yang telah dihaluskan sampai rata. Lalu dimasak dengan dikasih air dan sejumlah bumbu penyedap secukupnya. Di samping itu seringkali juga ditambahkan sejumlah bahan pelengkap laksana daun singkong, kacang panjang dan lain-lain. Ikan Arsik ini seringkali dimasak dengan api sedang supaya bumbu dapat meresap, kemudian dirindukan hingga airnya habis. Setelah airnya berakhir kemudian masakan Ikan Arsik siap guna disajikan.

Cita Rasa Ikan Arsik

Masakan Ikan Arsik ini mempunyai cita rasa yang menarik dan bertolak belakang dengan masakan ikan pada umumnya. Bagaimana tidak, laksana yang diterangkan sebelumnya, masakan satu ini dimasak dengan bumbu dan ragam rempah yang komplit sampai-sampai menghasilkan rasa yang maksimal. Selain tersebut pemakaian andaliman dan asam cikala pada masakan ini pasti akan menyerahkan cita rasa dan wewangian yang paling khas. Tidak melulu sampai di situ, tekstur ikan yang utuh dan masih bersisik pada masakan ikan satu ini pasti akan menyerahkan pengalaman yang unik saat anda menyantapnya.

Kuliner Ikan Arsik

Sebagai di antara makanan tradisional, masakan Ikan Arsik ini juga lumayan populer di wilayah Sumatera Utara sampai sekarang, khususnya di wilayah Toba Samosir dan Tapanuli Utara. Karena rasanya yang khas dan nikmat makanan satu ini lantas juga dipasarkan di sejumlah warung santap di pinggir jalan maupun warung-warung di area wisata. Bagi masalah harga dan rasa seringkali relatif, sampai-sampai kita mesti banyak-banyak menggali rekomendasi yang pas untuk merasakan makanan khas satu ini.

Nah, bagi kamu sedang berangjangsana atau berwisata ke wilayah Sumatera Utara, tentu tidak cukup lengkap rasanya bila belum menikmati masakan Ikan Arsik ini. Jadi tidak boleh sampai ketinggalan ya!

Sekian pengenalan mengenai “Ikan Arsik Makanan Tradisional dari Sumatera Utara”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang makanan tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar