About

Selasa, 19 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Moyo Sumatera Utara

Budaya Indonesia
Tarian tradisional Nias satu ini mempunyai gerakan yang menirukan gerakan burung Elang ketika terbang. Namanya ialah Tari Moyo.


Apakah Tari Moyo itu?

Tari Moyo ialah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Tarian ini pun sering dinamakan dengan Tari Elang, sebab gerakannya nyaris serupa dengan gerakan Elang yang sedang terbang. Tari Moyo ini seringkali ditarikan oleh semua penari wanita, dan sering diperlihatkan di sekian banyak  acara laksana perayaan hari besar, penyambutan tamu terhormat, pernikahan dan acara adat lainnya.

Asal Usul Tari Moyo

Tari Moyo adalahtarian tradisional yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Asal usul mengenai Tari Moyo ini sebetulnya masih belum dapat diketahui secara pasti. Namun dari sejumlah sumber yang ada, tarian ini telah ada semenjak ratusan tahun yang lalu. Konon Tari Moyo ini dulunya hanya diperlihatkan di kalangan masyarakat bangsawan saja, yang mempunyai penari eksklusif untuk mengerjakan tarian ini. Namun seiring dengan pertumbuhan zaman, tarian ini mulai dikenal oleh masyarakat bawah dan mulai tidak jarang dipelajari, khususnya untuk para gadis pada masa itu. Hingga sekarang Tari Moyo masih terus dilestarikan dan sering diperlihatkan di sekian banyak  acara, baik acara adat, hiburan maupun acara budaya.

Fungsi Dan Makna Tari Moyo

Tari Moyo ini tergolong jenis tarian pertunjukan, sampai-sampai dapat difungsikan sebagai hiburan dalam sebuah acara maupun sebagai peragaan seni. Di samping kaya bakal nilai seni, Tari Moyo ini pun kaya akan arti serta nilai filosofi di dalamnnya. Salah satu yang paling terlihat ialah dari gerakan Tarian ini, yang mencerminkan kehidupan burung Elang yang sedang terbang bebas di antariksa dengan mengepakkan ke dua sayapnya.

Pertunjukan Tari Moyo

Tari Moyo seringkali ditampilkan oleh semua penari perempuan secara berpasangan. Bagi jumlah penari seringkali terdiri dari 4 orang penari atau lebih, cocok dengan kumpulan masing masing. Dalam pertunjukannya, semua penari memakai busana tradisional dan menari dengan diiringi lantunan syair serta musik pengiring.

Gerakan dalam Tari Moyo ini paling unik dan khas, sebab gerakannya nyaris serupa dengan gerakan burung Elang yang sedang terbang dan mengepakkan sayapnya. Gerakan tersebut seringkali di kekuasaan oleh gerakan tangan laksana mengepakan sayap dan gerakan kaki yang berjinjit. Di samping gerakannya yang unik, pola lantai yang dimainkan biasanya beralih pindah dengan rapi, sehingga menciptakan pertunjukan Tari Moyo ini semakin menarik.

Pengiring Tari Moyo

Dalam peragaan Tari Moyo seringkali diiringi oleh musik tradisional laksana genderang dan gong khas Nias.selain tersebut juga diiringi oleh lantunan syair atau lagu yang dibawakan oleh semua pengiring vocal, guna pengiring vocal ini seringkali terdiri dari dua penyanyi. Kemudian guna irama yang dimainkan seringkali diawali dengan musik bertempo pelan, lantas berlanjut semakin cepat. Tentunya permainan irama tersebut pun disesuaikan dengan gerakan semua penari dan syair lagu yang dibawakan.

Kostum Tari Moyo

Untuk kostum yang dipakai para penari seringkali adalahbusana adat khas suku Nias. Busana itu terdiri dari baju lengan panjang, kain panjang, kain serampang dan ikat kepala khas Nias. kostum tersebut seringkali didominasi oleh warna laksana merah, kuning, hitam, dan putih. Bagi kostum Tari Moyo ini, seringkali bervariasi dan tergantung kreasi dari masing-masing kumpulan tari.

Perkembangan Tari Moyo

Dalam perkembangannya, Tari Moyo masih terus dilestarikan dan dikembangkan sampai sekarang. Berbagai kreasi dan variasi dalam segi gerak, pengiring serta kostum pun sering ditambahkan di masing-masing pertunjukannya supaya terlihat lebih menarik, tetapi tidak meninggalkan kemurnian dan ciri khasnya.

Tari Moyo ini pun masih sering diperlihatkan di sekian banyak  acara laksana penyambutan tamu penting, perayaan hari besar, dan sekian banyak  acara adat lainnya. Selain tersebut tarian ini pun sering diperlihatkan di sekian banyak  acara kebiasaan seperti peragaan seni, pesta rakyat budaya, maupun promosi pariwisata di Nias, Sumatera Utara.

Sekian pengenalan mengenai “Tari Moyo Tarian Tradisional Dari Sumatera Utara”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar