About

Kamis, 21 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Yospan Tarian Tradisional Dari Papua

Budaya Indonesia
Tarian tradisional satu ini adalahjenis tarian pergaulan yang berasal dari wilayah Papua. Namanya ialah Tari Yospan.


Apakah Tari Yospan itu?

Tari Yospan ialah salah satu tarian tradisional yang berasal dari wilayah Papua. Tarian ini termasuk tarian pergaulan masyarakat yang dapat ditarikan oleh penari lelaki maupun penari wanita. Tari Yospan adalahsalah satu tarian tradisional yang lumayan terkenal di Papua, terutama di wilayah pesisir unsur utara Papua. Tarian ini seringkali sering diperlihatkan di sekian banyak  acara, baik acara yang mempunyai sifat adat, penyambutan, maupun acara budaya.

Sejarah Tari Yospan

Menurut sejumlah sumber, Tari Yospan adalahpenggabungan antara dua tarian rakyat Papua, yakni Tari Yosim dan Tari Pancar. Tari Yosim sendiri adalahtarian yang nyaris serupa dengan Tari Poloneis (tarian dansa eropa), tidak sedikit sumber yang menyatakan Tari Yosim ini berasal dari wilayah pesisir unsur utara Papua. Sedangkan Tari Pancar adalahtarian yang tumbuh dan berkembang di wilayah Biak, Numfor dan Manokwari. Awalnya Tari Pancar ini dinamakan dengan Tari Pancar Gas, supaya lebih gampang disebut lantas mereka menyingkatnya dengan Tari Pancar. Konon gerakan dalam Tari Pancar ini terinspirasi dari gerakan akrobatik pesawat pada masa penjajahan Belanda.

Seperti yang diterangkan sebelumnya, Tari Yospan adalahtari penggabungan antara Tari Yosim dan Tari Pancar. Tari Yospan tadinya hanya memakai gerakan-gerakan yang terdapat pada kedua tari tersebut. Namun seiring dengan berjalannya masa-masa tarian ini lantas dikembangkan oleh masyarakat di sana, sampai-sampai gerakannya lebih kaya dan bervariatif laksana yang kini ini.

Fungsi Dan Makna Tari Yospan

Tarian yospan ini seringkali lebih difungsikan sebagai tarian yang mempunyai sifat hiburan dan tidak jarang menjadi unsur dari sekian banyak  acara, baik acara adat, penyambutan dan acara budaya. Untuk masyarakat di sana, tarian ini dimaknai sebagai tarian pergaulan atau tarian persahabatan masyarakat, terutama untuk para pemuda dan pemudi. Hal tersebut pun terlihat dari gerakan dan ekspresi semua penari yang tampak akrab dan sarat keceriaan.

Pertunjukan Tari Yospan

Tari Yospan ini seringkali ditampilkan oleh semua penari lelaki dan wanita. Jumlah penari Tari Yospan seringkali disesuaikan dengan keperluan atau anggota kelompok, bahkan ada pun yang menampilkannya secara masal atau dalam jumlah banyak. Dengan diiringi oleh iringan music pengiring dan lagu daerah, mereka menari dengan gerakannya yang paling khas.

Gerakan dalam Tari Yospan tadinya masih memakai gerakan-gerakan dalam Tari Yosim dan tari pacar. Namun seiring dengan perkembangannya, gerakan dalam Tari Yospan ini semakin bervariatif. Beberapa jenis gerakan yang sering dipakai dalam Tari Yospan diantaranya laksana gerakan pancar gas, gale-gale, jef, pacul tiga, seka, dan lain-lain. Gerakan dalam Tari Yospan ini seringkali didominasi oleh gerakan yang enerjik, sarat semangat dan dinamis.

Pengiring Tari Yospan

Dalam peragaan Tari Yospan seringkali diiringi oleh sejumlah alat music laksana gitar, stem bass, ukulele, dan tifa. Di samping diringi oleh music, tarian ini pun diiringi oleh nyanyian lagu yang dibawakan oleh pengiring vocal maupun semua penari tersebut sendiri. Bagi lagu yang dibawakan seringkali adalahlagu wilayah atau lagu tradisional masyarakat Papua. Namun dibeberapa peragaan ada pun yang memakai lagu yang lebih canggih atau lebih kekinian yang dibuat oleh seniman di sana.

Kostum Tari Yospan

Untuk kostum penari Tari Yospan ini nyaris sama dengan kostum tarian tradisional masyarakat Papua lainnya. Kostum tersebut seringkali adalahbusana tradisional yang tercipta dari akar atau daun. Namun seiring dengan perkembangan, ada pun yang dikreasikan dengan kain supaya terlihat lebih menarik. Selain tersebut penari pun dilengkapi dengan sekian banyak  aksesoris laksana penutup kepala, kalung dan lukisan tubuh bercorak etnis khas Papua.

Perkembangan Tari Yospan

Dalam perkembangannya, Tari Yospan ini masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat di sana. Berbagai kreasi dan variasi dalam segi gerak, kostum, dan pengiring pun sering ditambahkan di masing-masing pertunjukannya. Hal ini pasti dilakukan supaya terlihat menarik, tetapi tidak menghilangkan karakteristik dan keasliannya.

Tari Yospan masih sering diperlihatkan di sekian banyak  acara laksana acara adat, penyambutan, maupun perayaan. Selain tersebut tarian ini pun sering diperlihatkan di sekian banyak  acara yang mempunyai sifat budaya seperti peragaan seni, pesta rakyat budaya, dan promosi pariwisata. Hal ini dilaksanakan sebagai unsur dari usaha pelestarian serta memperkenalkan untuk generasi muda dan masyarakat luas bakal Tari Yospan ini.

Sekian pengenalan mengenai “Tari Yospan Tarian Tradisional Dari Papua”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisional di Indonesia.



0 komentar:

Posting Komentar