About

Jumat, 29 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Katreji

Budaya Indonesia

Tarian satu ini adalahtarian tradisional dari wilayah Maluku yang dilaksanakan secara berpasangan. Namanya ialah Tari Katreji.


Apakah Tari Katreji itu?

Tari Katreji ialah salah satu tarian tradisional yang berasal dari wilayah Maluku. Tarian ini seringkali dilakukan secara berpasangan antara penari lelaki dan penari wanita. Tari Katreji adalahsalah satu tarian tradisional yang lumayan terkenal di Maluku. Tarian ini sering diperlihatkan di sekian banyak  acara adat maupun hiburan laksana penyambutan tamu penting, pernikahan adat, perayaan hari besar, dan lain-lain.

Sejarah Tari Katreji

Tari Katreji ini adalahtarian yang telah ada semenjak bangsa Portugis dan Belanda datang ke Indonesia, terutama di Maluku ini. Di samping untuk menggali bahan rempah-rempah, mereka pun membawa kebiasaan mereka ke tanah Maluku. Sehingga tidak banyak demi sedikit kebiasaan Eropa mulai memprovokasi perkembangan kebiasaan di Maluku sendiri . Sejak ketika itulah masyarakat Maluku mulai mengenal kebiasaan Eropa, salah satunya ialah Tari Katreji ini.

Setelah bangsa Portugis dan Belanda meninggalkan Indonesia. Masyarakat Maluku masih tidak jarang membawakan Tari Katreji ini di acara penyambutan atau pesta mereka. Kemudian tarian ini mulai berkembang dan diadaptasikan dengan kebiasaan masyarakat lokal di sana hingga format sekarang ini. Akulturasi kebiasaan inilah yang menciptakan tari katrili paling khas dan menyerahkan warna baru dalam kesenian tradisional Maluku.

Fungsi Dan arti Tari Katreji

Di Maluku sendiri, Tari Katreji lebih difungsikan sebagai hiburan dalam sebuah acara laksana penyambutan, pernikahan, perayaan adat dan lain-lain. Tarian ini dimaknai sebagai tarian pergaulan masyarakat, terutama semua muda-mudi. Dalam tarian ini mereka menari secara berpasangan dengan gerakan serta ekspresi yang mencerminkan tentang keceriaan dan kebahagiaan.

Pertunjukan Tari Katreji

Seperti yang diterangkan sebelumnya, Tari Katreji diperlihatkan oleh semua penari lelaki dan penari perempuan secara berpasangan. Jumlah penari Tari Katreji seringkali terdiri dari 5-6 pasang penari lelaki dan wanita. Dalam pertunjukannya penari memakai busana adat dan menari dengan gerakannya yang khas mengikuti buaian musik pengiring.

Gambar : Pertunjukan Tari Katreji
Gerakan dalam Tari Katreji ini paling enerjik dan bervariasi. Walaupun gerakannya ingin bergaya Eropa, tetapi ada sejumlah gerakan gaya Maluku yang masih terlihat. Hal ini barangkali dikarenakan akulturasi kebiasaan yang sangat bertolak belakang sehingga guna memadukan dua kebiasaan tersebut terlampau sulit.

Pengiring Tari Katreji

Dalam peragaan Tari Katreji seringkali diiringi oleh buaian musik laksana biola, suling bambu, ukulele, tifa, karakas, dan lain-lain. Di samping gerakan, musik yang dimainkan pun ingin bergaya Eropa dan guna pelengkap, pun ditambahkan sejumlah alat musik tradisional di dalamnya. Irama yang dimainkan dalam mengiringi Tari Katreji ini seringkali adalahirama cepat sehingga mencerminkan keceriaan di dalamnya.

Kostum Tari Katreji

Kostum yang dipakai dalam peragaan Tari Katreji seringkali adalahbusana tradisional khas Maluku. Bagi penari wanita seringkali menggunakan busana kebaya dan kain panjang pada unsur bawahnya. Sedang pada unsur kepala, rembut penari digelung atau dikonde dan dihiasi dengan dekorasi bunga-bunga sebagai pemanisnya. Sedangkan guna penari pria seringkali menggunakan baju panjang dan celana panjang.

Perkembangan Tari Katreji

Dalam perkembangannya, Tari Katreji masih tidak jarang dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat di sana. Berbagai variasi dan kreasi pun sering diperlihatkan disetiap pertunjukannya, baik dalam segi gerak, kostum, maupun musik pengiring. Tarian ini pun masih sering diperlihatkan di sekian banyak  acara laksana penyambutan tamu penting, pernikahan, dan sekian banyak  acara adat lainnya. Selain tersebut Tari Katreji pun sering diperlihatkan di sekian banyak  acara kebiasaan seperti peragaan seni, festival kebiasaan dan promosi pariwisata.

Sekian pengenalan mengenai “Tari Katreji Tarian Tradisional Dari Maluku”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar