About

Minggu, 17 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Martabak Aceh.

Budaya Indonesia

Makanan satu ini adalahsalah satu jajanan khas yang sangat disukai oleh masyarakat Aceh. Namanya ialah Martabak Aceh.



Apakah Martabak Aceh itu?

Martabak Aceh ialah salah satu makanan tradisional sejenis martabak yang khas dari wilayah Aceh. Dilihat dari penampilannya, martabak satu ini bertolak belakang dengan martabak di Indonesia pada umumnya, begitu pun dalam segi rasa, Martabak Aceh ini pasti mempunyai cita rasa yang paling khas. Martabak Aceh adalahsalah satu makanan tradisional yang lumayan terkenal di Aceh. Karena rasanya yang khas, makanan ini sangat disukai oleh masyarakat selama maupun semua wisatawan yang berangjangsana ke sana.

Keunikan Dan Keistimewaan Martabak Aceh

Salah satu keanehan dari Martabak Aceh ini ialah dari penampilannya. Apabila martabak pada umumnya memakai kulitnya untuk membalut isi martabak, namun bertolak belakang dengan Martabak Aceh yang memakai telur untuk membalut kulit martabak. Penampilan Martabak Aceh ini sekilas nyaris serupa dengan Telur Dadar. Namun di unsur tengahnya ada kulit martabak yang tercipta dari adonan khusus. Selain tersebut di unsur luar pun ada rajangan laksana bawang merah dan daun bawang sebagai penyedap rasa.

Proses Pembuatan Martabak Aceh

Untuk menciptakan Martabak Aceh ini terdapat dua urusan yang mesti dipersiapkan, yakni kulit martabak dan adonan telur. Kulit martabak seringkali terbuat dari bahan laksana tepung, mentega, dan telur. Proses pembuatannya nyaris sama dengan kue cane, yakni campur seluruh bahan dan diaduk menjadi adonan. Setelah jadi, adonan itu digoreng tipis-tipis sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Kemudian untuk menciptakan adonan telur biasaya terdiri dari bahan laksana telur, garam, daun bawang dan bawang merah. Selain tersebut ada pun yang menambahkan sejumlah bahan laksana bawang bombay, udang kecil, seledri, dan lain-lain, sebagai variasi. Untuk menciptakan adonan tersebut, metodenya hampir sama dengan menciptakan adonan telur dadar, yakni telur dan bahan tadi dimasukan ke dalam wadah dan dikocok-kocok sampai rata.

Setelah kulit martabak dan adonan telur selesai, lantas panaskan minyak secukupnya dalam wajan martabak. Setelah minyak panas, lantas adonan telur dituangkan secukupnya ke dalam wajan dan dilebarkan laksana halnya menciptakan telur dadar. Setelah telur memadat, lantas letakan kulit martabak di atas telur dan lipat telur cocok dengan ukuran kulit martabak. Setelah tersebut lakukan lagi proses yang sama guna bagian sebaliknya sampai kulit martabak tertutup dengan telur. Setelah tersebut goreng lagi sampai matang.

Penyajian Martabak Aceh

Martabak Aceh seringkali sering disajikan bareng dengan Acar. Acar ini seringkali terbuat dari bahan laksana bawang merah dan cabe hijau. Untuk penciptaan acar ini nyaris sama dengan acar pada umumnya. Selain dapat dijadikan sebagai menu cemilan, di sejumlah tempat, Martabak Aceh ini juga dapat disajikan bareng Kuah Kari.

Cita Rasa Martabak Aceh

Martabak Aceh ini pasti mempunyai cita rasa yang khas dan bertolak belakang dengan martabak pada umumnya. Rasa gurih pada adonan telur di unsur telur dipadukan dengan rasa kenyal dari kulit martabak ini tentu menyerahkan sensasi rasa tersendiri saat kamu menyantapnya. Selain tersebut dipadukan pun dengan acar yang segar pasti membuat kesenangan Martabak Aceh ini semakin komplit. Di samping sebagai pelengkap, acar ini juga dapat mengurangi rasa eneg saat kamu menyantapnya terlampau banyak.

Kuliner Martabak Aceh

Martabak Aceh adalahsalah satu makanan tradisional yang lumayan terkenal di Aceh. Di sana, makanan ini sangat gampang ditemukan sebab banyaknya penjaja yang menjajakannya di warung martabak, warung kopi, lokasi makan, bahkan secara keliling. Sehingga bagi kamu yang berangjangsana atau berwisata ke Aceh bisa dengan gampang menemukannya. Bagi masalah harga dan rasanya lumayan bervariasi, sebab banyaknya penjaja yang menjajakan makanan satu ini. Sehingga kamu memerlukan rekomendasi yang tepat guna menikmatinya cocok dengan kemauan anda.

Sekian pengenalan mengenai “Martabak Aceh Makanan Tradisional Dari Aceh”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kuliner tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar