About

Rabu, 20 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia GAMBANG KROMONG MUSIK TRADISIONAL BETAWI

Budaya Indonesia

Di samping Tanjidor, masyarakat Betawi pun mempunyai kesenian musik tradisional lainnya yakni Gambang Kromong.

Apakah Gambang Kromong itu?
Gambang Kromong ialah kesenian musik tradisional dari Betawi dengan memadukan perangkat musik Gamelan dan perangkat musik dari Tionghoa. Kesenian musik tradisional ini adalahhasil akulturasi kebiasaan antara kebiasaan Tionghoa dan pribumi. Nama Gambang Kromong sendiri dipungut dari nama kedua perangkat musik yang di mainkan yakni gambang dan kromong.

Gambang adalahalat musik yang tercipta dari kayu eksklusif yang berbunyi halus bila di pukul atau di mainkan. Bilahan gambang seringkali berjumlah 18 buah dengan ukuran yang berbeda supaya mengeluarkan nada yang bertolak belakang pula. Sedangkan Kromong adalahalat musik tercipta dari perunggu. Bentuknya laksana alat Gamelan pada umumnya, jumlah kromong sendiri seringkali berjumlah 10 buah (sepuluh pencon). Kromong pun adalahalat musik yang di mainkan dengan teknik di pukul, dan masing-masing pencon pun mempunyai nada yang berbeda.

Dalam pertunjukannya, seringkali tangga nada yang di pakai adalahtangga nada pentatonik Cina. Tangga nada itu biasa dikenal dengan selendro cina atau salendro mandalungan. Di samping gambang dan kromong, perangkat musik Gamelan yang di pakai diantaranya ialah gong, gendang, suling dan kecrek. Selain tersebut juga memakai alat musik dari Cina sebagai pengisi melodi laksana sukong, tehyan dan kongahyan. Pada ketika pertunjukan seringkali lagu yang dinyanyikan di bawakan oleh biduan pria dan wanita. Lagu yang dinyanyikan seringkali adalahlagu klasik Betawi laksana Mas Nona, Gula Ganting, Semar Gunem, Tanjung Burung, Mawar Tumpah dan beda – lain. Selain tersebut juga lagu pop Betawi laksana Jali-jali, Stambul, Surilang, Persi, Akang Haji, Kramat Karem, Lenggang Kangkung, Sirih Kuning dan beda – lain.


Dalam perkembangannya, Gambang Kromong sudah menjadi musik tradisional Betawi yang paling populer. Banyak grup orkes Gambang Kromong yang tercetus dan berkembang seiring dengan pertumbuhan jaman. pada masa canggih ini perangkat musik Gambang Kromong pun di kombinasikan dengan sejumlah alat musik canggih seperti gitar, bass, organ, drum, seksofon dan alat canggih lainya. walaupun di tambahkan sejumlah alat musik canggih namun tidak menghilangkan karakteristik dari Gambang Kromong sendiri.

Dalam perkembangannya, Gambang Kromong tidak melulu di tampilkan secara orkes saja. Kesenian musik tradisional ini pun di pakai untuk mengiringi sekian banyak  kesenian Betawi lainya laksana tarian tradisional Betawi.

Nah lumayan sekian pengenalan mengenai Gambang Kromong Musik Tradisional Betawi. semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar