About

Selasa, 05 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Seni Tari Wayang Jawa Barat

Budaya Indonesia


Tari Wayang Provinsi Jawa Barat

tari wayang 

Tari Wayang sendiri adalahsalah satu tarian yang berasal dari Provinsi Jawa Barat sendiri. Dimana laksana yang anda tahu bahwa tarian ini mempunyai sejumlah gerakan dan pun hal yang sangat unik untuk ditonton oleh sekian banyak  orang yang terdapat pada wilayah itu sendiri maupun orang beda yang datang berangjangsana ke wilayah tersebut melulu untuk sekedar menyaksikan tarian itu sendiri. Tarian ini sendiri juga pada dasarnya paling kental dengan sekian banyak  adat yang terdapat pada wilayah Jawa Barat ini sendiri, urusan ini sendiri diakibatkan oleh masih tidak sedikit warga masyarakat umum Jawa Barat yang melakukan sekian banyak  upacara adat ataupun ritual-ritual dengan menggunakan sejumlah tarian yang terdapat pada wilayah Jawa Barat ini sendiri, sehingga sejumlah tari yang terdapat di sini sangat-sangat identik dengan seluruh hal tersebut.

Tarian yang terdapat di wilayah Jawa Barat ini sendiri pasti saja memiliki sejumlah hal yang terkadang menyimpan suatu misteri yang terkadang tidak anda ketahui. Hal ini sendiri bisa berupa asal usul dari tarian tersebut sendiri yang terkadang dapat kita ketahui bahwa sangat bersangkutan sekali dengan kekuatan mistis ataupun terkadang melulu dari sejumlah sejarah yang sudah ada pada wilayah tersebut. Pada dasarnya sendiri tarian yang terdapat di Jawa Barat ini pasti saja seringkali menjadi di antara hiburan yang dapat dinikmati oleh semua masyarakat umum yang terdapat disana, dan terkadang juga sering digunakan pada ketika penyambutan sejumlah tamu agung yang datang ke provinsi Jawa Barat tersebut.

Tarian pada wilayah ini sendiri pasti saja memiliki sejumlah makna yang telah tidak asing lagi pada masyarakat umum yang terdapat di kota ini, sampai-sampai mereka juga lebih mengenal bagaimana teknik menggunakan tarian itu dalam sekian banyak  event yang ada, baik event yang berupa adat ataupun acara umum laksana pesta perkawinan. Karena laksana yang anda tahu dua urusan itu adalahhal yang sangat bertolak belakang dan oleh sebab tersebut maka tarian dari sejumlah hal tersebut tentu saja sangat-sangat bertolak belakang sehingga dapat membuat gerakan-gerakan dan pun mempunyai arti dan juga makna yang bertolak belakang dari semuanya itu.

Tarian dari Jawa Barat ini sendiri terdiri dari Tari Topeng, Tari Jaipong, Tari Kursus, Tari Wayang, dan Tari Merak. Untuk eksklusif tari topeng sendiri mempunyai sekian banyak  macam tarian topeng dengan sejumlah jenis yang lainnya, pada urusan ini sendiri tarian topeng tersebut paling berbeda, dimana pada sejumlah jenis yang ada, tarian tersebut diciptakan menurut makna yang bertolak belakang sama sekali dengan sekian banyak  tarian yang sudah ada pada tarian topeng pada lazimnya sendiri.

Tari Wayang


Tari Wayang adalahsalah satu tarian yang berasal dari Jawa Barat sendiri, dimana tarian ini sendiri adalahtarian yang dikenal masyarakat pada masa kesultanan Cirebon pada abad ke-16 pada saat tersebut oleh Syekh Syarif Hidayatullah, yang lantas disebarkan oleh seniman keliling yang datang ke wilayah Sumedang, Garut, Bogor, Bandung dan Tasikmalaya. Tari Wayang ini sendiri mempunyai tingkatan ataupun sejumlah jenis karakter yang bertolak belakang misalnya saja pada karakter lelaki dan pun wanita yang mempunyai perbedaan. Karakter Tari perempuan sendiri terdiri dari Putri Lungguh untuk figur Subadra dan Arimbi serta pun Ladak untuk figur Srikandi. Gerakan dalam tari wayang ini sendiri ialah adeg-adeg, jangkung ilo, mincid, keupat, gedut, kiprahan, tindak tilu, engkek gigir, mamandapan dan pun calok sembahan.



Tarian tradisional ini pun adalahtari tradisional yang mesti anda lestarikan, dimana laksana yang anda tahu bahwa tarian-tarian yang terdapat pada Negara Indonesia pada zaman kini pun telah mulai memudar dan tidak cukup adanya penampilan dari sejumlah daerah tersebut sebab banyaknya pemuda-pemudi yang telah tidak dapat lagi melakukan kebiasaan atau tarian dari wilayah mereka setiap sendiri, bukankah urusan itu sendiri adalahhal yang memalukan khususnya untuk Negara anda sendiri yang adalahNegara yang mempunyai tidak sedikit sekali kebiasaan yang terdapat dan pun warisan yang tidak terdapat habis-habisnya. Jadi sebagai generasi muda anda harus senantiasa mengawal semua tari yang terdapat pada wilayah mereka masing-masing.


0 komentar:

Posting Komentar