About

Rabu, 20 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Gamelan kesenian nusantara

Budaya Indonesia

Gamelan adalahsalah satu perangkat musik tradisional Indonesia. Alat musik gamelan dapat kita temukan di pulau Jawa, Madura, Bali dan Lombok.



Gamelan ialah alat musik yang memakai perpaduan sejumlah alat musik laksana gendang, gambang dan gong yang menjadikan sebuah suara yang estetis saat di mainkan bersama. Nama gamelan sendiri berasal dari kata “Gamel” yang dalam bahasa jawa berarti memukul/menabuh /memainkan.
Gamelan sendiri berasal dari adaptasi kebiasaan hindu – budha dan seni pribumi dari Indonesia pada jaman dahulu yang di kembangkan sampai format yang sekarang. Asal awal gamelan sendiri di tuliskan pada relief candi Borobudur yang terdapat di magelang, jawa tengah. Di sana digambarkan sejumlah alat musik seperti suling bambu, lonceng, kendhang dalam sekian banyak  ukuran, kecapi, perangkat musik berdawai yang digesek dan dipetik. Namun, melulu sedikit ditemukan unsur alat musik logamnya. Gambaran pada relief tersebut mengindikasikan bahwa gamelan ada semenjak dulu kala.

Gamelan memakai empat teknik penalaan, yakni sléndro, pélog, degung dan madenda . Musik Gamelan kini ini pun merupakan campuran dari pengaruh seni luar negeri yang beraneka aneka seperti nada dari Cina, instrumen musik Asia Tenggara, drum band dan gerakan music India, bowed string dari wilayah Timur Tengah, bahkan style militer Eropa. Semua tersebut di kemas menjadi satu kesatuan instrumen dan di mainkan menjadi nada nada yang estetis dan enak guna di dengar.

Dalam kegunaannya sendiri, gamelan dapat di pakai untuk mengiringi sekian banyak  kesenian laksana seni tari, wayang, bahkan acara – acara adat. Dalam perkembangannya gamelan pun di pakai sebagai grup musik yang mengiringi restoran yang bergaya tradisional. Sehingga nuansa restoran atau hotel yang memakai grup music itu menjadi kental bakal nuansa tradisional Indonesia.

Nah, lumayan sekian pengenalan mengenai “Kesenian Nusantara Gamelan”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang aneka kesenian Nusantara.

0 komentar:

Posting Komentar