About

Jumat, 29 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Lenso

Budaya Indonesia

Tarian tradisional satu ini adalahsalah satu tarian penyambutan yang berasal dari Maluku. Namanya ialah Tari Lenso.


Apakah Tari Lenso itu?

Tari Lenso ialah salah satu tarian tradisional dari wilayah Maluku. Tarian ini adalahtarian yang dibawakan oleh semua penari perempuan dengan memakai sapu tangan atau selendang sebagai karakteristik dan atribut menarinya. Tari Lenso adalahsalah satu tarian tradisional yang lumayan terkenal di Maluku dan sering diperlihatkan di sekian banyak  acara yang mempunyai sifat adat, hiburan, maupun peragaan seni budaya.

Sejarah Tari Lenso

Berdasarkan keterangan dari sejarahnya, Tari Lenso telah ada semenjak bangsa Portugis datang ke Maluku. Konon tarian ini dulunya adalahtarian yang berasal dari bangsa Portugis, lantas dikembangkan dan diadaptasi dengan kebiasaan masyarakat lokal di sana. Setelah bangsa Portugis meninggalkan Maluku, tarian ini masih terus ditarikan oleh masyarakat di sana, sampai akhirnya menjadi sebuah tradisi dan berkembang seperti kini ini.

Kata “Lenso” sendiri berasal dari bahasa setempat yang berarti “sapu tangan”. Karena dalam Tari Lenso semua penari menari dengan memakai sapu tangan sebagai atribut manarinya, sehingga tidak sedikit yang menyebutnya Tari Lenso. Tari Lenso ternyata tidak melulu dikenal di masyarakat Maluku saja, namun pun dikenal di kalangan masyarakat Minahasa, Sulawesi Utara.

Namun, Tari Lenso di Minahasa dan di Maluku tidak banyak berbeda. Di Minahasa, Tari Lenso seringkali ditarikan oleh penari lelaki dan wanita, guna atribut yang digunakan seringkali menggunakan selendang. Sedangkan di Maluku, Tari Lenso seringkali hanya ditarikan oleh semua penari perempuan saja, dan atribut yang dipakai untuk menari ialah sapu tangan.

Fungsi Dan arti Tari Lenso

Di Maluku, Tari Lenso ini seringkali lebih difungsikan sebagai tarian penyambutan. Tarian ini bisa dimaknai sebagai ungkapan selamat datang dan rasa gembira masyarakat dalam menyambut tamu tersebut. Hal ini dapat dilihat dari ekspresi dan gerakan tarinya yang lemah lembut, mencerminkan kesantunan, rasa hormat, dan penerimaan dengan tulus kasih.

Pertunjukan Tari Lenso

Seperti yang diterangkan sebelumnya, Tari Lenso seringkali hanya dibawakan oleh semua penari perempuan saja. Jumlah penari lenso ini seringkali terdiri dari 6-9 orang penari. Dalam peragaan Tari Lenso, semua penari memakai kostum baju adat mereka dan menari dengan memakai sapu tangan sebagai atribut menarinya. Gerakan dalam tari lesno seringkali lebih didominasi oleh gerakan tangan yang melambai ke depan dan gerakan kaki melangkah. Dalam Tari Lenso ini ada 3 gerakan utama, yakni gerak maju, gerak jumput dan gerak mundur. Semua gerakan itu tentunya dicocokkan dengan irama musik pengiringnya.

Pengiring Tari Lenso

Dalam peragaan Tari Lenso seringkali diiringi oleh buaian musik tradisional. Di Maluku seringkali Tari Lenso diiringi oleh buaian musik tradisional laksana totobuang dan tifa. Irama yang dimainkan seringkali adalahirama bertempo sedang dan mencerminkan keceriaan.

Kostum Tari Lenso

Dalam pertunjukannya, semua penari seringkali menggunakan busana adat khas Maluku. Pada unsur atas seringkali menggunakan baju sejenis kebaya berwarna putih. Sedangkan di unsur bawah seringkali menggunakan kain panjang khas Maluku. Pada unsur rambut seringkali digelung atau disanggul lantas diberi dekorasi bunga sebagai pemanis. Kemudian penari pun membawa sapu tangan di tangan mereka.

Perkembangan Tari Lenso

Dalam perkembangannya, Tari Lenso masih dilestarikan dan dikembangkan sampai sekarang. Berbagai kreasi dan variasi pun sering ditambahkan di masing-masing pertunjukannya supaya terlihat menarik, tetapi tidak menghilangkan karakteristik dan keasliannya. Tari Lenso pun masih tidak jarang dipertunjukan di sekian banyak  acara adat laksana pernikahan, penyambutan, festival dan acara adat lainnya. Selain tersebut Tari Lenso pun sering diperlihatkan di sekian banyak  acara kebiasaan seperti peragaan seni, pesta rakyat budaya, dan promosi pariwisata.

Sekian pengenalan mengenai “Tari Lenso Tarian Tradisional Dari Maluku”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar