About

Minggu, 17 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Nasi Becek khas dari Nganjuk, Jawa Timur.

Budaya Indonesia
Makanan satu ini adalahmakanan jenis kare atau gulai yang paling khas dari Nganjuk, Jawa Timur. Namanya ialah Nasi Becek.



Apakah Nasi Becek itu?

Nasi Becek ialah makanan tradisional nyaris serupa dengan kare domba atau gulai kambing. Walaupun nyaris serupa dengan gulai kambing, tetapi Nasi Becek ini mempunyai cita rasa dan penyajian yang tidak banyak berbeda. Nasi Becek ini adalahsalah satu makanan khas dari Nganjuk, Jawa Timur. Karena rasanya yang khas, makanan ini sangat digemari dan menjadi di antara makanan tradisional yang lumayan terkenal di sana.

Keistimewaan Nasi Becek

Makanan ini sekilas terlihat serupa dengan kare domba atau gulai kambing, tetapi Nasi Becek disajikan laksana soto babat yang didalamnya ada irisan kubis, kecambah dan potongan daging atau babat. Selain tersebut ditambahkan pun sate domba sebagai menu pelengkapnya. Perpaduan rasa kuah dan sate berikut yang menjadi keistimewaan dari makanan Nasi Becek.

Pengolahan Nasi Becek

Dalam proses pengolahannya, kuah Nasi Becek ini diubah dengan bumbu yang lumayan lengkap mulai dari bumbu yang dihaluskan sampai bumbu rempah, sampai-sampai cita rasa bumbunya paling terasa di lidah kita ketika menyantapnya. Selain tersebut ditambahkan dengan potongan daging domba dan jeroan tentu menciptakan Nasi Becek ini semakin nikmat.

Nasi Becek ini seringkali disajikan dengan nasi hangat dan di atasnya pun terdapat ragam trancam laksana irisan kubis, seledri, dan kecambah. kemudian diguyur dengan kuah dan dagingnya. Bagi sate kambing seringkali disajikan secara terpisah atau disajikan langsung di atas Nasi Becek.

Cita Rasa Nasi Becek

Nasi Becek ini mempunyai cita rasa yang paling khas. Walaupun kuahnya tercipta dari ragam bumbu yang beragam, tetapi kuah mempunyai rasa yang pas dan tidak terlampau menyengat. Isian daging pada kuah tersebut pun terasa lunak sehingga tidak terlalu sulit untuk menyantapnya. Di samping itu, salah satu karakteristik dari Nasi Becek ini ialah perpaduan rasa kuah dan sate kambingnya.

Sate domba ini telah terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu kacang, kecap dan irisan bawang merah. Sehingga bila dikomparasikan dengan kuah Nasi Beceknya bakal menjadi dua rasa yang bertolak belakang dan bila dua-duanya dipadukan bakal menjadi satu rasa yang paling khas.

Tempat Kuliner Nasi Becek

Bagi kamu yang berangjangsana ke Kota Nganjuk, Jawa Timur, tentu tidak cukup lengkap bila belum merasakan makanan satu ini. Nasi Becek ini adalahsalah satu makanan tradisional yang lumayan terkenal di sana. Salah satu lokasi kuliner Nasi Becek yang gampang dijumpai ialah di Jl. Dr. Soetomo, Nganjuk, Jawa Timur. Di samping itu tidak sedikit juga penjaja Nasi Becek yang berjualan di wilayah Nganjuk lainnya.

Sekian pengenalan mengenai “Nasi Becek Makanan Tradisional Dari Nganjuk, Jawa Timur”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang aneka kuliner tradisional di indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar