About

Kamis, 21 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Wedang Uwuh Minuman Tradisional dari Bantul, Yogyakarta

Budaya Indonesia

Minuman tradisional satu ini tidak melulu mempunyai rasa yang nikmat dan khas, namun pun berkhasiat guna tubuh kita. Namanya ialah Wedang Uwuh.





Apakah Wedang Uwuh itu?

Wedang Uwuh ialah salah satu minuman tradisional yang berkhasiat guna menghangatkan badan dan dapat menangkal atau meredakan penyakit enteng lainnya. Minuman ini adalahminuman tradisional dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Yang menjadi karakteristik dari Wedang Uwuh ini ialah tampilannya yang tidak banyak berantakan sebab mengandung ramuan jamu yang diseduh langsung di gelasnya. Di samping khasiatnya yang baik guna tubuh, Wedang Uwuh ini pun mempunyai rasa yang nikmat dan paling khas sampai-sampai sangat digemari oleh masyarakat.

Minuman ini disebut “Wedang Uwuh” yang dalam bahasa jawa berarti “Minuman sampah”. Sesuai dengan namanya, Wedang Uwuh ini berisi gabungan rempah – rempah yang sekilas terlihat laksana sampah dedaunan yang dimasukan ke dalam gelas. Bahan yang di pakai untuk menciptakan Wedang Uwuh ini diantaranya laksana jahe, cengkeh, serutan kayu manis, pala, serai, kapulaga dan daun pala.

Proses penciptaan Wedang Uwuh ini lumayan sederhana. Pertama bahan – bahan itu disiapkan cocok dengan porsinya, urusan ini dilakukan supaya rasanya pas. Kemudian seduh dengan air panas dan aduk sampai warnanya merah. Kemudian masukkan gula batu secukupnya kedalam gelas yang di pakai untuk menyeduh Wedang Uwuh itu dan siap guna di sajikan. Gula batu ini di pilih sebab gula batu dapat menyerahkan rasa manis, tetapi tidak mengolah rasa dan wewangian asli pada minumannya.

Wedang Uwuh ini paling enak diminum selagi panas atau hangat. Bagi menikmatinya anda harus mengaduknya dulu hingga gula batunya mencair dan menghasilkan manis laksana yang anda inginkan. Karena beberapa penjual seringkali tidak mengaduk gula batu tersebut supaya pembeli dapat menyesuaikan dengan seleranya masing – masing. Bagi kamu yang tidak suka ampasnya, kita dapat menyaringnya tetapi sebelum di saring, pastikan rasa dari bahan tersebut telah bercampur dan menemukan rasa yang pas guna kita.

Rasa dari Wedang Uwuh ini paling unik dengan perpaduan manis dan tidak banyak pedas dari jahenya, tentu menyerahkan cita rasa yang khas pada minuman satu ini. Di samping itu wewangian harum dari bahan rempah itu tentunya bisa menggugah selera kita guna menikmatinya. Wedang Uwuh ini paling pas bila dinikmati ketika cuaca dingin atau hujan. Di samping rasanya yang nikmat, Wedang Uwuh ini pun dapat bermanfaat sebagai penghangat badan sebab bahan rempah yang terdapat di dalamnya. Selain tersebut juga dapat bermanfaat meredakan batuk, menanggulangi mual, berisi antioksidan, memperlancar peredaran darah, dan beda – lain.

Wedang Uwuh ini dapat kita temukan di wilayah Imogiri, Bantul, Yogyakarta, tepatnya di wilayah wisata Imogiri, disana tidak sedikit penjual yang menjajakan minuman ini. Tidak hanya dapat diminum di sana, beberapa penjual pun menyediakannya guna oleh – oleh dalam kemasan plastic, sampai-sampai kita dapat menyeduhnya sendiri di rumah. Nah bagi kamu yang berangjangsana ke Bantul, Yogyakarta, tidak cukup lengkap rasanya bila belum merasakan minuman tradisional dari Imogiri ini.

Cukup sekian pengenalan mengenai “Wedang Uwuh Minuman Tradisional dari Bantul, Yogyakarta”. semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kuliner tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar