About

Rabu, 20 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia Tari Pasambahan

Budaya Indonesia


Setiap wilayah di Indonesia memiliki teknik tersendiri dalam menyambut kedatangan tamunya. Hal itu dapat dipresentasikan melewati perkataan, seremonial maupun dalam wujud seni. Masyarakat Sumatera Barat, terutama masyarakat Minang memiliki teknik tersendiri dalam mengungkapkan selamat datang pada tamunya, salah satunya dengan Tari Pasambahan.


Seperti apakah Tari Pasambahan itu? yuk anda simak pembahasan kami inilah ini.

Apakah Tari Pasambahan itu?

Tari Pasambahan ialah tarian tradisional yang berasal dari Sumatera Barat, terutama masyarakat Minangkabau. Sesuai dengan namanya, tarian ini adalahtarian selamat datang guna menyambut tamu kebesaran sebagai wujud rasa hormat mereka terhadap tamu tersebut. Tari Pasambahan tidak melulu ditunjukan pada tamu urgen atau pejabat saja, namun pun diterapkan pada pesta pernikahan adat. Terutama dalam menyambut regu pengantin lelaki di lokasi tinggal pengantin wanita.

Sejarah Tari Pasambahan

Tari Pasambahan adalahtarian adat masyarakat Minang dalam menyambut tamu kebesaran yang datang. Sejak dulu tarian ini dipakai untuk menyambut tamu urgen seperti tamu kerajaan, tamu kenegaraan, maupun dalam pernikahan adat mereka. Tarian pasambahan dilaksanakan untuk menunjukan hati yang bersih dan niat yang tulus empunya rumah guna menyambut semua tamunya.

Pertunjukan Tari Pasambahan

Tari Pasambahan seringkali ditampilkan oleh sekelompok penari lelaki dan penari wanita. Dalam pertunjukannya, Tari Pasambahan dibuka dengan tarian pendahuluan yang dilaksanakan oleh semua penari pria. Kemudian disusul dengan sejumlah penari perempuan diantaranya terdapat yang membawa carano mengandung sirih, pinang, sadah dan perangkat lainnya sebagai suguhan untuk tamu. Tari Pasambahan pun diiringi dengan buaian musik tradisional sebagai pengiring tarian dan lagu atau ucapan-ucapan sebagai perkataan selamat datang.

Gerakan Tari Pasambahan

Dalam Tari Pasambahan terdapat sejumlah sesi dalam peragaan menarinya. Pada sesi kesatu atau tarian pembuka seringkali dimulai dengan penari lelaki yang menari dengan gerakan pencak silat khas Minang. Kemudian sesudah tarian pembuka semua penari perempuan bergabung dan lantas menari bareng dengan penari pria. Para penari perempuan menari dengan gerakan yang elegan dan penari lelaki menari dengan gerakan pencak silatnya.

Setelah tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi pasambahan atau persembahan. Dalam sesi ini penari perempuan yang membawakan perangkat persembahan datang mengunjungi tamu diiringi dengan penari perempuan lainnya yang menari dengan gerakan yang lemah gemulai. Setelah tersebut kemudian dilanjutkan dengan tarian penutup. Dalam tarian penutup ini semua penari lelaki dan perempuan menari bareng lagi dengan gerakan laksana tadi sampai selesai.

Pengiring Tari Pasambahan

Dalam peragaan Tari Pasambahan seringkali diiringi oleh buaian musik tradisional minang laksana telompong pacik, sarunai, gendang tambui, bansi, dan tassa. Selain tersebut Tari Pasambahan pun diiringi oleh lagu-lagu dan ucapan-ucapan sebagai perkataan selamat datang.

Busana Tari Pasambahan

Busana yang dipakai dalam peragaan tari lilin seringkali adalahbusana adat khas minangkabau dari sumatera barat. Bagi penari wanita seringkali menggunakan busana adat laksana tengkuluak (hiasan kepala), baju batabue (busana atas), lambak (busana bawah), salampang, dan sejumlah perhiasan laksana dukuah (kalung), galang (gelang), dan cincin. Sedangkan guna penari pria seringkali menggunakan busana laksana destar (tutup kepala), baju, sarawa (celana), sasampiang, cawek (ikat pinggang), dan sandang.

Perkembangan Tari Pasambahan

Dalam perkembangannya, Tari Pasambahan pun masih sering diperlihatkan masyarakat Minang dalam sekian banyak  acara penyambutan, khususnya dalam acara pernikahan adat dan penyambutan tamu penting. Tarian ini pun mulai berkembang menjadi tarian peragaan dalam sekian banyak  acara kebiasaan seperti acara kesenian tradisional atau pesta rakyat budaya. Hal ini dilaksanakan sebagai usaha pelestarian dan memperkenalkan untuk generasi muda maupun masyarakat luas bakal Tari Pasamabahan ini.

Sekian pembahasan kami mengenai “Tari Pasambahan Tarian Tradisional dari Sumatera Barat”. Semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kesenian tradisional di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar