About

Minggu, 17 Maret 2019

Kebudayaan Indonesia makanan rempeyek khas Cilacap, Jawa tengah.

Budaya Indonesia

Makanan satu ini adalah makanan jenis rempeyek yang paling khas dari Cilacap, Jawa tengah. namanya ialah Rempeyek Yutuk.




Apakah Rempeyek Yutuk itu?

Rempeyek Yutuk ialah makanan jenis rempeyek yang tercipta dari Yutuk. Yutuk sendiri merupakan fauna pantai yang tidak sedikit di temukan di pesisir pantai selatan, salah satunya ialah di wilayah pantai Cilacap. Makanan satu ini adalahsalah satu makanan tradisional khas dari Cilacap, Jawa tengah.

Makanan ini paling unik, bilamana rempeyek pada umumnya memakai kedelai atau kacang tanah, tetapi rempeyek satu ini memakai Yutuk sebagai isi rempeyeknya. Yutuk ini merupakan fauna yang hidup di pantai yang berukuran kecil yang mempunyai cangkang, bentuknya nyaris sama dengan kepiting, tetapi berwarna coklat kehitaman. Di wilayah lain fauna ini pun sering di sebut dengan Undur – undur laut.

Dalam proses pembuatannya nyaris sama dengan rempeyek lainnya, sebelumnya Yutuk dimurnikan terlebih dahulu. Kemudian Yutuk diletakan di atas satu sendok adonan rempeyek. Satu sendok adonan bakal menghasilan satu buah rempeyek. Setelah tersebut di goreng dengan teknik di lebarkan supaya hasilnya lebih tipis dan krispi. Salah satu keanehan dari Yutuk ini sesudah di goreng seringkali Yutuk itu akan tampak berwarna merah laksana udang.

Dalam penyajiannya, Rempeyek Yutuk ini seringkali di santap bareng dengan Sayur pecel. Namun anda juga dapat menjadikannya sebagai lauk guna makanan lainnya. Selain tersebut Rempeyek Yutuk ini juga dapat dijadikan cemilan, sebab rasanya yang gurih dan renyah. Namun guna kita tidak dapat memakannya terlampau banyak. Karena bilamana kita memakannya terlalu tidak sedikit akan membembuat kepala anda pusing.

Rempeyek Yutuk ini sangat gampang kita temukan di pesisir pantai Cilacap. Di sana tidak sedikit warung pinggir pantai yang menjajakan Rempeyek Yutuk ini. Di samping dapat anda nikmati secara langsung di sana, anda juga dapat membawa kembali Rempeyek Yutuk ini sebagai oleh – oleh. Nah, bagi kamu yang berangjangsana ke Cilacap, Jawa tengah. Maka tidak cukup lengkap rasanya bila belum merasakan makanan tradisional satu ini.

Cukup sekian pengenalan mengenai “Rempeyek Yutuk Makanan Tradisional dari Cilacap, Jawa tengah”. semoga berfungsi dan meningkatkan pengetahuan kamu tentang kuliner tradisional di indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar